Crayon Pensil

Kalau Teman Suka Mengeluh
28 November 2010 | 14.11 | 0 comments
Sebagai seorang teman yang baik, mendengarkan keluh kesah teman itu wajib hukumnya. Tapi kalau ternyata teman kita adalah tipe yang pengeluh, lama-lama kita bisa bete juga. Habis, PR banyak, mengeluh. Jalanan macet, mengeluh. Supir telat jemput mengeluh juga. Hmm..sampai hal yang sepele pun dikeluhkan.

Punya teman seperti ini, perlu kita sikapi dengan bijak. Soalnya, sebagai pendengar, selain kita dibuat bosan dengan ‘berita buruk’ darinya, mood kita pun bisa ikut down, lho karena sering mendengar segala keluhan darinya. Buntutnya, persahabatan kita jadi taruhan. Karena itu, yuk cari tahu bagaimana cara menyikapi teman yang seperti ini.

  • Beri dia masukan yang positif. Kalau dia sudah mulai mengeluh, coba beri nasihat padanya dari sudut pandang yang positif, agar dia bisa kembali berpikir netral. Misalnya ia mengeluhkan supir yang telat jemput, kasih dia masukan bahwa dengan telatnya jemputan, berarti dia punya waktu lebih banyak untuk main dengan teman-teman di sekolah. Lagipula dengan berpikir positif, beban pikiran akan berkurang.  
  • Semua orang punya masalah dan bisa melaluinya dengan baik. Bilang saja padanya kalau ada jutaan orang di luar sana ada yang mengalami hal yang sama, tapi mereka bisa menyikapinya dengan baik tanpa harus mengeluh. Berikan gambaran padanya, bahwa orang yang gampang mengeluh sama saja nggak siap dengan segala perubahan mendadak. Padahal, mana bisa kita menghindari itu?
  • Beri pengertian bahwa sifatnya itu sudah mengganggu. Bilang terus terang kalau sikap pengeluhnya itu sudah mengganggu. Kasih dia pengertian jika ia terus mengeluh, maka bebannya akan semakin berat.
  • Jauh-jauh darinya. Kalau kamu sudah mencoba berbagai cara, dan temanmu masih saja suka mengeluh, lebih baik jaga jarak dulu, deh. Cari teman lain yang bisa bikin pikiran kita segar. Karena, sikap pengeluh itu menular, lho.

Sumber : Kalau Teman Suka Mengeluh

Label:


Older Post | Newer Post
Disclaimer

Assalamu'alaikum :)
History